Kade Yudi Saspriyana's Blog

Hear Your Heart. Heart Your Health.

PERUBAHAN-PERUBAHAN PADA WANITA HAMIL March 24, 2010

Filed under: Kehamilan,Semua Kategori — kade yudi @ 2:22 am

oleh : dr. Kade Yudi Saspriyana

Kehamilan merupakan episode dramatis terhadap kondisi biologis, perubahan psikologis dan adaptasi dari seorang wanita yang pernah mengalaminya. Sebagian besar wanita menganggap bahwa kehamilan adalah peristiwa kodrati yang harus dilalui tetapi sebagian lagi menganggap sebagai peristiwa khusus yang sangat menentukan kehidupan selanjutnya.

Perubahan kondisi fisik dan tentu saja emosional yang kompleks ini membutuhkan adaptasi terhadap penyesuaian pola hidup dengan proses kehamilan yang terjadi. Dan terkait dengan perubahan-perubahan fisik yang biasanya dialami oleh para ibu hamil, berikut ini akan dibahas beberapa diantaranya.

A. Trimester 1 (dari konsepsi sampai 3 bulan)

Pada saat ini, tubuh seorang wanita hamil mulai belajar beradaptasi dan “berkompromi” terhadap berbagai perubahan. Awalnya, memang belum terjadi perubahan fisik yang luar biasa. Pada bulan ke-3, perut mulai membesar, namun tidak terlalu kelihatan.

Beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil pada trimester pertama adalah :

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah pada awal kehamilan (hiperemesis gravidarum) diduga terjadi karena pengaruh hormon kehamilan. Untuk mengatasinya, makanlah dalam porsi kecil tapi sering, banyak-banyak minum (air jahe hangat, air putih), siapkan makanan ringan (camilan) di dekat ibu hamil, hindari bau yang tidak sedap, jauh-jauh dari makanan berlemak, pelan-pelan bangkit dari tidur dan duduk, serta menyikat gigi setelah muntah.

2. Pusing

Penyebab pusing pada trimester pertama adalah belum pasti. Namun, kalau ibu hamil sampai pusing, segera beristirahat, berhati-hati saat mengubah posisi tubuh (misalnya, dari duduk ke berdiri), serta siapkan camilan sehat di tas atau dekat tempat tidur agar kadar gula darah tetap stabil (roti dan buah-buahan).

3. Sering buang air kecil

Membesarnya rahim pada seorang wanita hamil akan menekan dan menurunkan kapasitas kandung kemih. Padahal, saat hamil, ibu cenderung minum lebih banyak, sehingga ginjal lebih banyak memproduksi urin. Tak heran bila seorang ibu hamil bolak-balik ke kamar kecil. Gangguan ini akan berkurang begitu memasuki trimester ke-2. Namun, keluhan ini akan terulang lagi pada trimester berikutnya.

4. Cepat lelah

Tubuh seorang ibu hamil memang sedang bekerja ekstra keras untuk menyiapkan diri dalam “menampung” janin. Disamping itu, tubuh juga sedang belajar menyesuaikan diri terhadap tuntutan fisik dan emosi yang masih naik-turun. Oleh karenanya tidak mengherankan jika tubuh seorang wanita hamil mudah lelah. Cara mengatasinya adalah istirahat secukupnya, berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang (kekurangan protein atau zat besi dapat menyebabkan cepat lelah), serta minum susu hangat menjelang tidur.

5. Sembelit

Tubuh wanita hamil memproduksi hormon dalam jumlah yang berlebih. Salah satu akibatnya adalah kerja usus jadi lambat dan kurang efisien. Hal ini menyebabkan seorang wanita hamil akan mengalami kesulitan dalam buang air besar. Cara mengatasinya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat (sayur dan buah-buahan) serta banyak minum (air dan jus buah). Yogurt dapat juga dikonsumsi agar merangsang kerja usus menjadi lebih aktif.

5. Olahraga

Sebelum melakukan olahraga apapun, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dahulu dengan Dokter. Hal ini sangat penting karena kondisi tubuh pada saat hamil berbeda dengan sebelumnya. Pilihlah olahraga yang ringan-ringan karena pada masa ini, pelekatan janin pada rahim belum terlalu kuat. Kondisi tubuh juga sering menurun dan tubuh gampang lelah. Agar tetap sehat dan bugar, lakukan latihan sebanyak 3 kali dalam seminggu, masing-masing selama 15 menit. Mulailah dengan gerakan ringan, lalu secara bertahap ditingkatkan kadarnya.

Olahraga yang dapat dilakukan pada trimester ini cukup banyak. Diantaranya adalah : senam (peregangan dilakukan jangan berlebihan, gerakannya tanpa benturan, serta hindari meloncat dan memutar tubuh dengan cepat), berenang (pilihan olahraga ini merupakan salah satu yang dianjurkan, karena tubuh ibu hamil hampir tidak memiliki beban dalam air), berjalan kaki (latihan sederhana ini juga baik dan bisa dilakukan kapan pun, dan agar tidak bosan, variasikan latihan dengan berjalan cepat), jogging (mulailah dari berjalan santai, jalan cepat, dan barulah berlari-lari kecil, serta sepatu harus nyaman dan berlari di atas rumput),

B. Trimester 2 (bulan ke-4 sampai 6 bulan)

Trimester ini merupakan periode yang jarang dikeluhkan oleh ibu hamil. Inilah saatnya bagi seorang ibu hamil untuk menikmati kehamilannya. Beberapa hal yang adakalanya dikeluhkan oleh ibu hamil di antaranya :

  1. Sakit punggung : melunaknya ketahanan ligamen (jaringan ikat) yang menopang rahim ibu hamil, di mana sikap tubuh yang salah akan membuat punggung tegang. Sebaiknya, sikap tubuh tegak saat berdiri dan gunakan bantal untuk menyangga tubuh bagian belakang saat duduk. Kemudian mengangkat barang-barang dengan posisi punggung lurus serta kedua lutut ditekuk dan selalu menjinjing barang dengan kedua tangan.
  2. Kaki kram : adalah kontraksi keras pada otot betis atau otot telapak kaki. Sebagian besar kram terjadi pada malam hari atau ketika bangun tidur, biasanya selama 1-2 menit. Ini diduga terjadi karena sirkulasi darah yang kurang baik dan pengkonsumsian makanan yang tidak seimbang, seperti kebanyakan garam, kurang kalsium (susu), dan sebagainya. Untuk menghindarinya, gerakkan kaki maju-mundur di atas botol kosong sebanyak 20 kali per kaki sebelum tidur, serta mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Kalau sampai kram, letakkan kaki di lantai, lalu gosok-gosok otot-otot yang mengencang. Atau, duduklah dengan kedua kaki diluruskan. Kemudian menarik jari kaki yang bermasalah ke arah tubuh, tahan, lalu lepaskan lagi.
  3. Heartburn (ulu hati terasa terbakar) : biasanya terjadi akibat tekanan dari janin yang terus membesar, sementara kapasitas ruang dalam perut sangat terbatas. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil tapi sering dan hindari makanan yang berbumbu atau berlemak. Juga netralisir kadar asam dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkalin, seperti susu atau yogurt. Jangan membungkuk atau tengkurap setelah makan, melainkan sangga tubuh dengan tumpukan bantal. Segera konsultasikan pada dokter jika keluhan ini berlangsung dalam waktu yang lama.

C. Trimester 3 (bulan ke-7 sampai 9 bulan)

Trimester ketiga merupakan periode sebelum proses persalinan berlangsung. Berikut ini beberapa hal yang sering dipertanyakan oleh ibu hamil.

  1. Sesak nafas

Perut memang berada dalam keadaan besar dan beban yang ditanggung tubuh juga semakin berat. Oleh karenanya rahim mendesak paru-paru dan diafragma (sekat pemisah antara rongga dada dan rongga perut). Keadaan ini dapat juga karena meningkatnya hormon kehamilan yang berakibat bertambah besarnya pembuluh darah pada saluran pernapasan. Cara mengatasinya adalah dengan berjalan tidak membawa beban yang berat, berjalan tegak, menarik napas dalam-dalam, tidur miring, serta berolahraga secara teratur.

2. Kaki dan tangan bengkak

Penimbunan cairan sebenarnya adalah persiapan tubuh dalam menghadapi persalinan dan masa menyusui kelak. Hanya saja, seringkali ibu hamil merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Penanganannya ialah dengan mengganjal kaki dengan bantal ketika berbaring atau duduk, serta jangan berdiri terus menerus dalam waktu yang lama.

3. Varises

Sirkulasi darah seorang wanita hamil lebih banyak sehingga tidak teratasi oleh katup yang mengalirkan darah ke jantung. Akibatnya, pembuluh darah di kaki mekar, bahkan sampai menonjol, agar darah tertampung lebih banyak. Oleh karenanya, ibu hamil agar sering-sering duduk atau berbaring dengan kaki diganjal bantal, sehingga posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Sebagian besar varises akan lenyap sekitar 2-3 bulan setelah melahirkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s